https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/issue/feed Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala 2024-01-04T05:11:02+00:00 Open Journal Systems <p>jurnal yang berisi tentang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan teknik elektro, teknik sipil,teknik informatika,dan teknik mesin</p> https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/315 ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC SPARK ADVANCE TERHADAP PERFORMANSI MOTOR BENSIN 2024-01-04T02:58:54+00:00 Mochamad Safarudin perpussttmandala@gmail.com Alfian perpussttmandala@gmail.com <p>Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi semakin cepat dan terus mengalami perkembangan, memotivasi dunia industri untuk menciptakan inovasi-inovasi baru. Khususnya di bidang industri otomotif. Pengetahuan di bidang otomotif dengan menganalisa pengaruh penggunaan sistem pengapian tanpa distributor, Tujuan yang ingin dicapai peneliti dari analisis ini adalah untuk menentukan kinerja sistem electronic spark advancer yang paling optimum Praktis dan langsung, relevan untuk situasi aktual dalam dunia kerja dan lapangan. Fleksibel dan adaftif, membolehkan perubahan - perubahan selama masa penelitian dan mengorbankan kontrol untuk kepentingan on the spot experimentation dan inovasi. Penulis melakukan analisa terhadap performansi motor bensin pada unit kendaraan ringan dengan menggunakan peralatan yang ada di BBPVP Bandung. Semakin meningkatnya ignition timing tidak selaras dengan putaran mesin, Daya pada rentang engine speed (rpm) dimana power tertinggi terdapat pada 5000 rpm percepatan 5 sebesar 1,4 kW Emisi CO terendah ada pada Ignition timing 48o dengan nilai 0% Injection time yang dihasilkan pada setiap percepatan dengan variasi rpm, pemakaian bahan bakar paling optimal terdapat pada putaran mesin 2000 Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan ilmu pengetahuan di bidang otomotif khususnya tentang daya dan torsi yang dihasilkan motor bensin dengan variasi Ignition Timing. Diharapkan penelitian selanjutnya melakukan pengujian lebih lanjut terhadap emisi dan konsumsi bahan bakar. Advanced research perlu dilakukan berupa simulasi proses pengubahan data pada ECU (engine contol unit) sehingga dapat diidentifikasi proses flame propagation-nya .</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/316 PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MOLDING BANCANGAN DENGAN SISTEM SIDE GATE 2024-01-04T04:26:30+00:00 M. Chusnus Azhari perpussttmandala@gmail.com Agus Burhanudin perpussttmandala@gmail.com <p>Produk yang terbuat dari plastik sering dijumpai dalam kehidupan seharihari, salah satunya bancangan. Untuk membuat produk bancangan diperlukan desain rancangan molding yang tepat, sehingga dapat mengurangi potensi timbulnya cacat pada produk. Pembuatan produk bancangan menggunakan proses injection molding. Perancangan molding Bancangan pada penelitian ini menggunakan metodologi yang dibuat oleh Michael J. French. Metode ini merupakan metode perancangan yang dimulai dari tahap perencanaan yang berdasarkan kebutuhan sehingga menghasilkan desain rancangan yang diinginkan.Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan bahwa mesin Yan Hing JS300 dapat membuat 15 cavity berdasarkan gaya cekam mesinnya dan 4 cavity berdasarkan Kapasitas injeksi mesinnya. gaya cekam yang dibutuhkan cetakan sebesar 66,3684 ton, diameter runner dan gate di dapatkan 19,82 mm, dengan mempertimbangkan untuk mengurangi berat atau volume runner yang terbuang maka dimensi runner dibuat menjadi 8 mm. setelah melalui proses produksi ditemukan beberapa cacat dalam produk diantaranya cacat flashing, weldline dan air traped, namun cacat produk yang dihasilkan masih dapat ditoleransi. Pada proses perancangan mold dimensi runner dan penempatan posisi gate dapat berpengaruh terhadap jumlah material yang mengalir ke produk, kualitas produk, dan pressure yang dibutuhkan saat pembentukan produk. Dan masih terdapat cacat pada produk yang di sebabkan oleh beberapa faktor. </p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/317 RANCANG BANGUN MESIN PRESS OTOMATIS MINUMAN KALENG BEKAS MENGGUNAKAN SILINDER PNEUMATIK 2024-01-04T04:32:42+00:00 Triono Priohutomo perpussttmandala@gmail.com Onies Bagus Pambudi perpussttmandala@gmail.com <p>Sering juga kita lihat dalam kehidupan sehari-hari para pengumpul barang bekas khususnya kaleng-kaleng bekas, mereka mengepress kaleng dengan cara menginjak ataupun memukul kaleng dengan palu agar volume kaleng bisa diperkecil. Hal ini dapat beresiko karena dampak dari penginjakan kaleng dan juga pemukulan dengan palu berulang-ulang bisa mencenderai diri mereka. Oleh karena itu, penulis mendapatkan gagasan untuk membuat perancangan dan membangun alat pengepress kaleng minuman bekas yang menggunakan tenaga tekanan udara yang ramah lingkungan. Tujuan rancang bangun alat ini adalah untuk mengepress minuman kaleng pocari sweat atau sejenisnya yang dimensinya sama dan untuk meringankan pekerjaan serta mengetahui dasardasar perancangan mesin pres minuman kaleng bekas. Sistem pneumatic adalah sebuah sistem yang menggunakan tenaga yang disimpan dalam bentuk udara yang dimampatkan untuk menghasilkan suatu kerja atau aksi. Sistem pneumatic juga merupakan suatu pengembangan teknologi dengan memanfaatkan udara bertekanan untuk menggerakkan peralatan mesin. Penelitian ini dilakukan pada rancang bangun mesin press otomatis minuman kaleng bekas menggunakan silinder pneumatik / cylinder pneumatic. Silinder pneumatik/aktuator dibagi menjadi dua, yaitu Cylinder Single Acting dan Cylinder Double Acting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rumus teoritis yang digunakan untuk memperoleh data, dapat diaplikasikan pada proses pembuatan dan alat dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan, yaitu mengepress minuman kaleng bekas secara otomatis tanpa adanya kendala.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/318 APLIKASI KONVERSI PIN-READ BCM PADA REGISTRASI INTELLIGEN-KEY KENDARAAN BERBASIS ANDROID 2024-01-04T04:35:40+00:00 Ahmad Sujana perpussttmandala@gmail.com Artaeza Qomarudin perpussttmandala@gmail.com <p>Intelligent-key registration is a process of registering smart remote vehicles so that the vehicle security system is not misused. The application of the conversion of pin-read bcm has been designed to run on android with smart device uses the media app developer inventor. This application made to allow intelligent-key registration were conventional stage in registration in the process. But, using this applications registration intelligent-key so more efficient and effective. Developed with evolutionary prototyping method of development. With a model test in testing and behaviour of testing was definitely blackbox uml. Application that built enough to fulfill its sales target in the sparepart, help when processing intelligent-key registration, and easily used for emergency service.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/319 ANALISIS KESUKSESAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF THE TECHNOLOGY DELONE&MCLEAN DAN TASK TECHNOLOGY FIT (Studi Kasus: Sekolah Tinggi Teknologi Mandala) 2024-01-04T04:38:16+00:00 Asep Hilmi Mutakin perpussttmandala@gmail.com <p>Penelitian yang dilakukan untuk menguji tingkat kesuksesan penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Model yang digunakan dalam penelitian ini gabungan dari ketiga model penerimaan yakni Unified Theory of Acceptance and Use of the Technology (UTAUT), DeLone &amp; McLean serta Task Technology Fit (TTF). Hasil menunjukan bahawa SIAKAD yang di implementasikan sudah baik, dilihat dari tingkat kesesuaian sistem informasi serta tingkat intensistas pengguna yang tinggi yang mempengaruhi terhadap kepuasan serta dampak yang dirasakan pengguna SIAKAD.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/320 PEMBUATAN SISTEM INFORMASI TOKO SAYURAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL 2024-01-04T04:40:02+00:00 Hermawaty perpussttmandala@gmail.com Futri Novi Yanti perpussttmandala@gmail.com Purwadi Budi Santoso perpussttmandala@gmail.com <p>Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat. Tak terkecuali pada bidang pertanian. Hal ini ditandai dengan terciptanya berbagai alat maupun program yang diperuntukan untuk mempermudah dan memperbaiki hasil pertanian. Orang-orang berlomba menciptakan sayuran dengan kualitas terbaik namun melupakan tujuan utama dari pertanian itu sendiri, yaitu terletak pada bagian penjualan hasil pertanian tersebut. Banyak dari petani yang kesulitan menjual hasil panen terbaik mereka, pada akhirnya mereka harus menjual hasil pertanian tersebut dengan harga yang relatif rendah pada bandar atau pengepul. Dari permasalahan di atas, maka penulis bermaksud memuat aplikasi dimana petani dapat menjual sendiri hasil pertanian mereka secara langsung kepada konsumen. Dimana aplikasi ini sendiri akan di rancang se-simple mungkin mengingat aplikasi ini nantinya akan di gunakan oleh petani yang sebagian besar masih awam dengan kemajuan teknologi. Aplikasi ini nantinya akan menggunakan bahasa pemrograma PHP dan MySQL sebagai databasenya. </p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/321 PENINGKATAN TEGANGAN PADA DC-DC KONVERTER DENGAN DICKSON MULTIPLIER CELL UNTUK APLIKASI PHOTO VOLTAIC 2024-01-04T04:42:53+00:00 Anung perpussttmandala@gmail.com Purwadi Budi Santoso perpussttmandala@gmail.com Taufik Rachman perpussttmandala@gmail.com Yakob Liklikwatil perpussttmandala@gmail.com Dwiyanto perpussttmandala@gmail.com <p>Tegangan dc keluaran dari photovoltaic masih rendah. Konverter dc-dc Boost umumnya digunakan untuk meningkatkan tegangan keluaran konverter. Namun stress tegangan dan arus pada saklar semikonduktor menjadi tinggi. Pada makalah ini diusulkan, untuk meningkatkan tegangan keluaran dari konverter dengan penerapan Dickson Multiplier Cell. Penurunan persamaan matematis untuk tegangan dan arus dilakukan pada kondisi konduksi kontinyu. Untuk memvalidasi usulan maka dilakukan simulasi menggunakan perangkat lunak PSIM. Dari hasil simulasi menunjukan bahwa tegangan keluaran konverter 328 Vdc, 379 Vdc dan 518 Vdc untuk masing-masing siklus kerja 68%, 70%, dan 75%. Tegangan masukan sebesar 20 Vdc.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/322 PENGUJIAN RELAI PROTEKSI ARUS LEBIH SIPROTEC PADA PRIMER TRAFO GARDU INDUK JUISHIN 2024-01-04T04:46:49+00:00 Syafruddin perpussttmandala@gmail.com Anung perpussttmandala@gmail.com Bayu Sudrajat perpussttmandala@gmail.com <p>Gardu Induk Juishin merupakan gardu induk utama yang menyuplai wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi seperti pusat pemerintahan, perkantoran maupun bisnis dan usaha. Dilihat dari beberapa konsumen prioritas diatas maka diperlukan sistem kelistrikan dan peralatan yang andal, salah satunya relai proteksi. Terjadinya kesalahan kerja (malfunction) pada relai proteksi beberapa waktu yang lalu menjadi alasan utama untuk melakukan pengujian relai.Pengujian Relai arus lebih Over Current Relay (OCR) maupun Ground Fault Relay (GFR) meliputi beberapa parameter diantaranya arus setting, pick-up, drop-off, ratio, karakteristik dan waktu kerja sesaat. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu diperoleh dari data pengujian dan hasil perhitungan berdasarkan data spesifikasi peralatan. Selain itu dilakukan evaluasi pada parameter hasil uji. Kemudian hasil evaluasi perhitungan dibandingkan dengan data eksisting lapangan dan standar dari KEPDIR 0520-2. K /DIR/2014 PT. PLN (Persero). Pengujian relai arus lebih pada bay tranformator-1 Gardu Induk Juishin memiliki tingkat performa yang baik berdasarkan hasil uji. Karakteristik pada relai adalah Standar Inverse (SI) dengan waktu tunda yang telah disetting OCR sebesar 0,35s dan, sedangkan pada GFR sebesar 0,67s, dengan prinsip kerja arus berbanding terbalik dengan waktu, semakin besar arus maka semakin cepat waktu relai bekerja.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/323 Rancang Bangun Pemberi Pakan Otomatis Pada ayam Broiler Berbasis Arduino & HMI NEXTION 2024-01-04T04:51:02+00:00 Yakob Liklikwatil perpussttmandala@gmail.com Rizky Nugraha perpussttmandala@gmail.com <p>Ayam broiler merupakan jenis ayam hasil dari budidaya teknologi peternakan yang memiliki ciri khas pertumbuhan yang cepat, sebagai penghasil daging dengan konversi pakan yang rendah dan siap dipotong pada usia ayam 28-45 hari dengan berat badan ayam 1,2-1,9 kg / ekor. Umumnya para peternak mereka menggunakan tangan untuk menaburkan pakan pada tilang pakan dan berjalan sepanjang kandang yang mana kandang ayam pedaging yang di ternakan sangatlah luas. Sehingga kegiatan seperti itu bagi peternak ayam sangatlah akan menyita waktu dan tenaga. Serta hal kedua yang harus diperhatikan oleh peternak ayam adalah suhu. Maka peneliti akan merancang suatu alat dengan judul Rancang Bangun Pemberi Pakan Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Dalam merancang alat ini peneliti menggunakan beberapa inputan yaitu pertama sensor, sensor ultrasonik, Load cell, yang akan diproses oleh arduino sehingga akan menghasilkan output berupa motor motor DC, alarm dan tampilan monitoring level pakan. Hasil dari uji coba sistem keseluruhan dapat diketahui jika sensor ultrasonic akan mengukur ketinggian pakan &lt;19 cm yang artinya pakan dalam kondisi kosong sehingga relay akan memberikan signal alarm. Load cell akan mengirimkan perintah jika tandon dengan berat &lt;20 gram maka relay motor menyala dan jika tandon dengan berat &gt;70 gram motor auger akan otomatis berhenti dengan sendirinya .</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/324 ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PADA PERENCANAAN PROYEK PEMBANGUNAN PASAR (STUDI KASUS: PERENCANAAN PROYEK PEMBANGUNAN PASAR CIPEUNDEUY BANDUNG BARAT) 2024-01-04T04:53:33+00:00 Nurcaweda Riztria Adinda perpussttmandala@gmail.com Ikhsan Aunal Gumelar perpussttmandala@gmail.com <p>Manajemen waktu merupakan salah satu aspek penting yang sangat mempengaruhi biaya dan waktu dalam pelaksanaan suatu proyek. Keberhasilan suatu proyek konstruksi atau kegagalan dalam penyelesaian proyek tergantung dari perencanaan penjadwalan dan pengendalian proyek yang dikelola secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan manajemen waktu pada perencanaan proyek konstruksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penerapan manajemen waktu pada saat perencanaan proyek pembangunan pasar difokuskan pada perencanaan penjadwalan yang meliputi beberapa tahapan yaitu membuat WBS, mengestimasi durasi setiap kegiatannya, mendefinisikan ketergantungan antar kegiatan, mengurutkan kegiatan, dan menyusun penjadwalan. Dapat diketahui durasi total proyek tersebut yaitu selama 173 hari yang artinya durasi proyek ini dapat dilaksanakan sesuai rencana dari pemilik proyek / owner 183 hari. Terdapat beberapa uraian pekerjaan yang berada pada jalur kritis yang perlu diperhatikan yaitu Pekerjaan Bongkaran Bangunan Pasar Lama, Pek. Galian Tanah Pondasi + Saluaran Air Kotor, Pek. Pondasi Poer Plat, Pek. Sloof, Pek. Pondasi Batu Kali, Pas. Dinding Bata Merah, Pas. Plesteran dan Pas. Acian.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/325 ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN TERHADAP PENGARUH HAMBATAN SAMPING DAN KECEPATAN TEMPUH 2024-01-04T05:01:16+00:00 Iman Hidayat perpussttmandala@gmail.com Agia Setiana perpussttmandala@gmail.com <p>Perkembangan perekonomian masyarakat Kabupaten Bandung berdampak pada sistem transportasi dan arus lalu lintas.Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan kinerja jalan dan Indeks Tingkat pelayanan (ITP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hambatan samping dan kecepatan tempuh terhadap Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) jalan dengan analisis menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Dalam prosesnya, metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal komperatif.Lokasi penelitian berada di jalan raya Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.Penelitian yang dilakukan dengan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer yang kemudian diolah dengan menggunakan acuan PKJI 2014. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa frekuensi bobot kejadian hambatan samping (HS) paling tinggi terjadi pada hari Rabu jam 11.00-12.00 WIB dengan total kejadian 920 Skr/jam dengan nilai kelas hambatan samping sangat tinggi, pencapaian kecepatan arus bebas berkisar 48,27% - 95,67%, volume (Q) lalu lintas maksimum terjadi pada hari Rabu jam 18.00-19.00 WIB sebanyak 3600 skr/jam, kapasitas dengan nilai Derajat Kejenuhan (DJ) sebesar 1,18 sehingga tingkat pelayanan jalan F. Untuk volume (Q), hambatan samping (HS), Kecepatan (V) mempengaruhi Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) jalan sebesar 97,80%. Oleh sebab itu, solusi yang dapat direncanakan adalah melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas. </p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/326 EVALUASI KINERJA JARINGAN DRAINASE JALAN MOH.TOHA KECAMATAN DAYEUHKOLOT KABUPATEN BANDUNG 2024-01-04T05:04:07+00:00 Budi Nuryono perpussttmandala@gmail.com Eka Permana perpussttmandala@gmail.com <p>Jaringan drainase pada Jalan Moh.Toha merupakan salah satu jaringan drainase tidak bisa menampung limpasan, bila intensitas hujan tinggi maka akan terjadi genangan yang diakibatkan oleh penyempitan saluran drainase dengan bangunan yang didirikan secara sembarangan, serta kurangnya pemeliharaan terhadap sistem drainase. Akibatnya setiap musim hujan, drainase tidak bisa menampung air berlebih kemudian menggenangi ruas jalan mengakibatkan aktivitas masyarakat dan laju transportasi terhambat. Dengan adanya permasalahan ini, maka perlu dilakukan evaluasi sistem drainase yang mampu mengatasi genangan sehingga Jalan Moh.Toha dapat terbebas dari genangan. Kebutuhan data primer didapat dengan melakukan peninjauan langsung ke lokasi penelitian berupa kondisi saluran drainase, dan dimensi saluran drainase ekisting. Data sekunder diperoleh dari PSDA Provinsi Jawa Barat berupa data curah hujan harian maksimum selama 11 tahun terakhir. Metode perhitungan analisis curah hujan rencana menggunakan Log-Pearson III dan perhitungan intensitas hujan menggunakan metode mononobe yang kemudian diperlukan sebagai data inputan untuk pemodelan software EPA-SWMM 5.1. Setelah dilakukan analisis hidrolika pada saluran drainase ekisting, terdapat beberapa saluran yang mengalami luapan diakibatkan saluran tidak dapat menampung debit air hujan untuk kala ulang 2 tahun, dan kala ulang 5 tahun. Debit maksimum yang terjadi sebesar 7,892. 106 liter pada saluran JN19 yang berada tepat di persimpangan jalan mengger. sedangkan debit minimum JN1 dengan 0,150. 106 liter.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/327 DAFTAR ISI DAN KATA PENGANTAR 2024-01-04T05:06:37+00:00 Jurnal Isu perpussttmandala@gmail.com <p>Daftar Isi</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/328 COVER 2024-01-04T05:09:33+00:00 Jurnal Isu perpussttmandala@gmail.com <p>Jurnal Isu Teknologi</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024