ANALISIS KONSUMSI ENERGI LISTRIK PENCAHAYAAN PADA RUANG KELAS DAN LABORATORIUM BERDASARKAN INTENSITAS PENERANGAN

  • Yakob Liklikwatil
  • Ngadiyono Ngadiyono
Keywords: energi listrik, ruang kelas, laboratorium;

Abstract

Ruang kelas dan ruang laboratorium merupakan fasilitas pendidikan yang rentang waktu penggunaannya cukup padat. Supaya kegiatan belajar mengajar di ruang kelas dan ruang laboratorium nyaman dan berjalan dengan baik dibutuhkan intensitas penerangan yang cukup, yaitu intensitas penerangan yang didesain sesuai dengan standar, dari 11 (sebelas) ruang kelas dan 17 (tujuh  belas) ruang laboratorium, lampu yang digunakan  kurang lebih 1.063 (seribu enam puluh  tiga) buah lampu dengan jenis lampu TL tipe TL-D36W/54-765ISL. Hal tersebut tentunya menyerap energi listrik yang besar apabila desain sistem pencahayaan tidak sesusai standar, tidak dioperasikan dengan benar dan pemeliharaan sistem pencahayaan tidak dilakukan. Supaya konsumsi energi listrik pencahayaan sesuai dengan standar, maka dalam penelitian ini dilakukan analisa dengan 6 (enam) cara pengoperasian: (1) Pengoperasian sesuai jadwal perkuliahan dan jumlah lampu sesuai dengan yang terpasang, (2) Pengoperasian seuai jadwal perkuliahan dan jumlah lampu sesuai standar (ruang kelas 250lux, lab. Komputer 350lux, laboratorium 500lux), (3) Pengoperasian sesuai jadwal perkuliahan dan jumlah lampu sesuai intensitas penerangan hasil pengukuran, (4) Pengoperasian dari jam 08.00-18.00 WIB dan jumlah lampu sesuai yang terpasang, (5) Pengoperasian dari jam 08.00-18.00 WIB dan jumlah lampu sesuai standar (ruang kelas 250lux, lab. Komputer 350lux, laboratorium 500lux), (6) Pengoperasian dari jam 08.00-18.00 WIB dan jumlah lampu sesuai intensitas penerangan hasil pengukuran.

Published
2018-04-12